test ride top speed oprek speda motor katu kelep busi bongkar pasang ukuran
Jumat, 09 November 2018
ENSIKOLOPEDIA TEKNOLOGI OTOMOTIF
Semakin berkembangnya kemajuan teknologi di bidang otomotif tentunya akan semakin banyak istilah istilah otomotif yang kadang kita tidak mengerti ... Berikut ringkasan istilah yang berhubungan dengan dunia otomotif.
1. VVTi : Variable Valve Timing with Inteliigent yang merupakan teknologi pengaturan celah katup secara elektronik yang sudah tidak memerlukan penyetelan berkala.
2. EPS : Electronic Power steering yaitu teknologi pada sistem kemudi yang diatur secara elektronik dengan motor listrik yang didesain untuk memperbaiki kekurangan pada power steering tipe hidrolis yang menggunakan pompa power steering.
3. ABS : Antilock Brake System yaitu teknologi pada sistem rem yang diatur secara elektronik yang memungkinkan roda tidak terkunci walaupun rem diinjak secara mendadak dan dengan tekanan yang tinggi, sehingga kendaraan dapat di kendalikan dan meminimalisir terjadinya kecelakaan.
4. EBD : Electronic Brake Distribution yaitu teknologi sistem rem yang dikontrol secara elektronik yang bekerja membagi tekanan pengereman sesuai dengan kondisi jalan dan kendaraan. biasanya EBD ditandem dengan ABS namun ABS belum tentu ditandem dengan EBD karena EBD merupakan pengembangan dari ABS.
5. HAC : Hill Assist Control Secara sederhana, ketika melepaskan rem tangan atau pijakan pada pedal rem saat kendaraan berhenti di tanjakan, komputer akan memerintahkan pengereman dan memberikan jeda sekitar 5 detik hingga Anda menginjak pedal gas untuk berakselerasi.
6. VSC : Vehicle Stabilty Control Tugas VSC ini adalah untuk menjaga kendaraan menikung dengan terkendali saat mengalami understeer (mobil tetap bergerak lurus meskipun setir sudah dibelokkan) maupun oversteer (mobil berputar tidak terkontrol). Ada empat komponen penting dalam VSC yaitu sensor sudut setir, sensor tingkat keolengan, sensor akselerasi lateral, dan sensor kecepatan pada roda.
cara kerja VSC seperti berikut. Ketika kendaraan terdeteksi mengalami understeer saat akan menikung ke kiri, komputer akan memerintahkan pengereman pada roda kiri belakang sehingga kendaraan akan berputar ke kiri.
Sementara ketika mobil terdeteksi mengalami oversteer, komputer akan memerintahkan pengereman pada roda depan sisi terluar agar kendaraan tidak berputar secara liar.
Komputer juga dapat memerintahkan untuk mereduksi tenaga mesin jika pengereman intensif pada salah satu roda saja tidak cukup.
demikian ENSIKOLOPEDIA singkat ini semoga bermanfaat bagi mas bro maupun bro bro yang lainnya ..
salam otomotif...
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar